Di saat mati lampu, lilin menjadi salah satu sumber pencahayaan yang dapat diandalkan. Jika menempatkannya dengan sembarangan, benda yang ada di bawahnya dapat terkena tetesannya kemudian membeku. Jangan anggap sepele Urbanites, noda ini termasuk sulit dibersihkan lho.

Jika hal ini terjadi padamu, jangan khawatir! UrbanIndo akan memberi tahu cara untuk menghilangkannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kerik

Jika tetesan lilin jatuh pada piring, gelas, atau perlengkapan dapur lainnya yang digunakan sebagai alas, kamu cukup mengerik lapisannya saja. Koin, penggaris, atau benda-benda keras berbentuk lempengan lainnya pun bisa kamu manfaatkan.

Jika belum bersih, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan sabut kawat dan juga sabun. Setelah itu, benda yang terkena tetesan wax tersebut pun akan kembali bersih.

Gunakan Es Batu

Karpet, taplak, atau baju yang terkena tetesan lilin dapat hilang dengan mudah menggunakan es batu. Caranya, masukkan es ke dalam kantong plastik lalu letakkan tepat di atas lilin yang telah membeku. Es akan membuat lilin menjadi cepat mengering sehingga bisa lebih mudah diangkat.

Membersihkannya dengan menggunakan es batu ini pun dapat kamu aplikasikan pada permukaan perabot kayu. Caranya sama, akan tetapi agar lapisan kayu tersebut tidak rusak, lapisi meja dengan cream atau lotion terlebih dulu. Setelah itu, angkat potongan lilin dengan menggunakan kartu berbahan plastik.

Masukkan ke Freezer

Apabila barang yang terkena wax berupa benda keras dan tidak terlalu besar, kamu dapat memasukkannya ke dalam freezer kulkas. Cara ini pun akan mempermudah kamu untuk menganggkat noda lilin yang telah membeku dengan cara yang lebih gampang. Setelah noda terangkat, cuci kemudian lap hingga bersih.

Setrika Baju

Lilin merupakan material cair yang dapat memadat begitu juga sebaliknya. Ia pun memiliki sifat mudah mencari serta membeku, oleh karena itu kamu bisa menggunakan bahan penghasil panas sederhana seperti setrika untuk menghilangkan noda tersebut.

Sebelumnya, siapkan dulu selembar kain lap atau kertas bekas, lalu letakkan pada tetesan yang telah membeku. Setelah itu nyalakan setrika dan biarkan hingga cukup panas. Taruh setrika di atas kertas lalu tunggu hingga mencair. Setelah meleleh, cairannya akan langsung menyerap ke kain atau kertas.

Pengering Rambut

Menggunakan hair dryer atau pengering rambut pun tak kalah simpel untuk mencairkan wax. Cara ini pun lebih aman karena potensi merusak barang cukup minim. Sayangnya, waktu yang diperlukan untuk mencairkan lilin yang sudah mengeras memang relatif lebih lama.

Kamu perlu mengarahkan moncong pengering rambut yang mengeluarkan panas pada noda tetesan lilin. Jangan lupa untuk mengatur panas hair dryer tersebut dengan suhu maksimal. Setelah lilin mencair, segera lap permukaan barang tersebut.

Semoga tips yang UrbanIndo berikan di atas bermanfaat untukmu, Urbanites. Simak ulasan menarik lainnya seputar rumah tangga dan juga dunia properti hanya di blog UrbanIndo dan Forum Komunitas UrbanIndo.

 

Sumber : Urbanindo.com

Related Articles