Hey NusanLovers, pernah terpikirkan olehmu enggak sih kira-kira, rumah adat terpopuler di Indonesia itu yang mana?
Kita semua tahu bahwa dari ujung paling timur hingga barat Indonesia, terdapat banyak sekali suku dan rumah adatnya tersendiri.
Mungkin banyak juga yang akan kebingungan ketika ditanya soal rumah adat terpopuler pilihanmu, kan?
Bila kamu juga masih kebingungan menentukan rumah adat terpopuler di Indonesia pilihanmu, maka kamu perlu membaca artikel ini hingga tuntas!
Di artikel ini, kamu akan menemukan 10 rumah adat terpopuler di Indonesia sesuai dengan hasil survei Litbang Koran Sindo.

1. Rumah Joglo, Jawa Tengah – 42%

Rumah adat terpopuler pertama dalah rumah adat Joglo khas Jawa Tengah yang memiliki bentuk arsitektur unik dan penuh filosofi.
Seluruh bagian rumah adat ini terbuat dari kayu jati sehingga bangunan rumah lebih kuat dan lebih awet untuk waktu lama.

2. Rumah Gadang, Sumatera Barat – 25%

Banyak yang sudah tak asing lagi dengan rumah adat terpopuler kedua yaitu rumah Gadang dari Sumatera Barat yang memiliki bentuk atap unik seperti tanduk kerbau.
Gambaran rumah adat ini biasanya berukuran sangat besar karena jumlah kamar di dalamnya disesuaikan dengan jumlah perempuan penghuninya.

3. Rumah Adat Terpopuler dari DKI Jakarta – 5%

Rumah adat terpopuler dari DKI Jakarta tak lain adalah rumah adat suku Betawi dengan ciri khas rumahnya yang berbentuk kubus dan berteras luas.
Sayangnya, bangunan yang mengandung nilai filosofis tinggi khas masyarakat Betawi ini kini sudah semakin hilang dan ditinggalkan.

4. Rumah Adat Limas, Sumatera Selatan – 4%

Sesuai namanya, rumah adat ini memiliki ciri khas berbentuk limas dan memiliki beberapa tingkat bangunan sesuai dengan filosofi masyarakatnya.
Rumah ini biasanya memiliki lima ruangan yang sekaligus menjadi simbol dari lima tahapan kehidupan manusia yaitu usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat.

5. Rumah Adat Tongkonan, Sulawesi Selatan – 4%

Rumah adat terpopuler berikut ini juga memiliki atap yang sangat unik dan menonjol karena berbentuk melengkung seperti sebuah perahu.
Ciri khas rumah ini dapat dilihat dari hiasan beberapa susun tanduk kerbau di depan rumah sebagai penanda strata sosial masing-masing penghuninya.

6. Rumah Adat Baduy, Banten – 2%

Rumah adat terpopuler di Indonesia berikutnya masih dari pulau Jawa tepatnya ialah rumah adat Baduy dari Banten.
Sebagian besar rumah ini dibuat dari bahan bambu dan sangat kental dengan filosofi kekeluargaan, terutama ketika proses pembangunannya.

7. Rumah Adat Mandar, Sulawesi Barat – 2%

Di Mamuju, Sulawesi Barat, kita bisa menemukan rumah adat terpopuler berikutnya yaitu rumah adat Mandar.
Rumah panggung ini dibangun dengan tiang-tiang kayu serta dilengkapi dengan dinding dari papan kayu yang memiliki motif khas suku Mandar.

8. Rumah Adat Honai, Papua – 2%

Rumah adat Honai sebetulnya adalah nama untuk jenis rumah khusus pria karena rumah adat khusus wanita dinamai Ebei.
Rumah berbentuk kerucut ini bagi masyarakat Papua tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, namun juga pusat kehidupan dan pendidikan bagi masyarakat.

9. Rumah Panggung Minahasa, Sulawesi Utara – 2%

Nama lain dari rumah panggung Minahasa ini adalah “Wale” atau “Bale” dan dibangun dengan sangat mempertimbangkan nilai filosofi masyarakat Minahasa.
Rumah ini mengandalkan beberapa kayu sebagai penopangnya serta tangga di serambi depan yang sangat penting dalam prosesi adat peminangan.

10. Rumah Adat Bolon, Sumatera Utara – 2%

Rumah adat terpopuler terakhir adalah rumah khas suku Batak yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai tempat tinggal 13 raja Batak.
Hal paling khas dari rumah adat Bolon ini adalah atapnya yang seperti pelana kuda serta pembagian ruang-ruang di dalam rumah yang sangat beragam.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi ya, NusanLovers!

sumber ; https://www.99.co/blog/indonesia/rumah-adat-terpopuler-di-indonesia/

Related Articles